Jumat, 26 Februari 2021

Jurnal Ulat Pekan 3

 Bismillah...


Pekan ini penuh dengan kejutan, mulai dari adanya pembagian keluarga sesuai dengan fokus ilmu yang paling ingin dipelajari hingga adanya tantangan untuk Go Live di FBG.

Sesuai ilmu yang ingin saya dalami, akhirnya pilihan jatuh pada Keluarga Kesehatan dan Perawatan Diri (Self Care).

MasyaAllah, kebetulan juga saya akhirnya dituntun menjadi Kepala Keluarga padahal tidak mengisi formulir yang pertama kali. Karena memang model konsep belajar percepatan saya adalah learning by sharing, sehingga pas untuk sharing ilmu yang sudah saya pelajari dan praktekkan selama 4 bulan kebelakang. 

Sharing Mind Map dan berbagi makanan membuat kami lebih bersemangat karena sadar bahwa banyak ilmu yang beririsan. Walaupun akhirnya ada cerita ingin masuk keluarga kami tapi salah isi form sehingga menunggu pekan depan hingga sebaliknya. 

Tiba saatnya penentuan siapa yang akan Go Live, awalnya saya penasaran dengan Mb Lina yang saat ini sedang fokus kuliah di Mesir, ingin rasanya berbagi semangat bagaimana cara menjalani kehidupan yang damai dan waras selama di negeri seberang. Namun, karena belum siap akhirnya saya yang nekat maju Go Live. Prinsip saya adalah cepat maju, cepat selesai, utamakan berbagi dulu maka akan menerima banyak ilmu.

Alhamdulillah Allah mampukan walaupun sempat ada drama jaringan terputus sehingga saya sempat bengong beberapa saat. So far semuanya lancar, kejutannya dapat badge juga dari Team Bunda Cekatan, lucu lho...ini penampakannya setelah disematkan di ransel :



Terlampir pula design Eflyer waktu saya Go Live, temanya tentang Berbagi Pengalaman  Memulai Hidup Sehat dengan Mengubah Isi Piring.

Seru sekali ternyata live itu, jadi bisa berinteraksi juga melalui kolom komentar. Secara otomatis terekam juga sehingga bisa meninggalkan jejak digital. Berharap  ilmu yang saya sharing bermanfaat dan menjadi amal jariyah.


Nah untuk ilmu yang saya dapatkan dari satu keluarga adalah tentang Management Waktu dari Mb Indah. Ternyata Management Waktu berpengaruh terhadap fokus ilmu saya tentang kesehatan Jasmani dan Rohani. Mengapa? tanpa management waktu yang baik saya kurang optimal menyediakan makanan sehat, waktu untuk olahraga, dan keep waras membersamai anak dan melayani suami.

Metode Eat That Frog.

Ini menarik banget, karena memang yang saya butuhkan ketika harus fokus menyelesaikan hal penting namun selalu merasa mendapatkan gangguan hal yang lainnya. Merasa waktu sangat cepat karena kejar-kejaran dengan deadline. Akhirnya ada satu dua yang harus dikebut di sore hari, jadilah saya kelelahan dan kurang optimal mendampingi keluarga.

Apa itu Eat That Frog?

Metode ini meminta kita membayangkan bagaimana jika kita harus memakan kodok dalam satu hari?

otomatis makan kodoknya terlebih dahulu alias hal yang sulit dan menyebalkan setelah itu seharian kita akan lebih lega. Karena kalau ditunda-tunda maka dipastikan itu kodok tidak mungkin termakan.

Ide yang cukup aneh sih menurut saya, tapi prinsipnya saya setuju. Menyetrika contohnya, jika dilakukan pagi pagi maka akan cepat selesai. Karena menyetrika termasuk hal yang kurang saya sukai.

Berikut link video animasi yang cukup membuat saya lebih paham :

https://youtu.be/9DKB9qoMh00

Terlampir pula sub bab pokok bahasan di Keluarga yang beririsan dengan Mind Map saya :




sumber : https://michaelbliss.co/2020/09/13/eat-that-frog-book-review/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Kongres Ibu Pembaharu 2

 Bismillahirrahmanirrahim, Alhamdulillah, masih sempat untuk submit tugas Kongres, mengingat jurnal sebelumnya belum submit, walaupun terlam...