Jumat, 21 September 2018

TUGAS MATERI KULIAH NHW 8



Alhamdulillah, walaupun agak sedikit mulai "oleng" ternyata masih bisa lanjut ke level 8. Pembahasan tentang Bunda Produktif memang sebuah tantangan yang menurut saya luar biasa. Mengapa? Karena kita harus jujur dulu dengan diri sendiri, sadar betul apa kekuatan dan kelemahan kita, konsisten menjalankan checklist yang kita yakini sebagai penguat pilar Bunda Sayang dan Bunda Cekatan.

Jujur sampai hari ini saya masih "ngos-ngosan" untuk bisa konsisten dengan jadwal harian dan indikator yang susah saya tetapkan sebelumnya. Apalagi dengan bantuan aplikasi pengingat jadwal harian, berasa banget setiap menit dikejar due date. But its Ok, saya menyadari betul ini awal mula saya "memperlebar" area zona nyaman saya. Mengapa saya tidak bilang "keluar" zona nyaman? Karena otak saya menangkap keluar zona nyaman, terasa menakutkan...maklum saya termasuk orang yang mempunyai jiwa kecemasan cukup tinggi.

Baiklah, masuk ke pertanyaan NHW 8 :

a. Ambil salah satu dari ranah aktivitas yang sudah teman-teman tulis di kuadran SUKA dan BISA (lihat NHW#7)

    >> Bismillah, saya memilih Bermain dan Belajar bersama anak (Mendidik Anak)

b. Setelah ketemu satu hal, jawablah pertanyaan “BE DO HAVE” di bawah ini :

1. Mental seperti apa yang harus anda miliki untuk menjadi seperti yang anda inginkan ? (BE)
    >> Mental seorang Ibu Pembelajar dan Pendidik.

2. Apa yang harus anda lakukan untuk menjadi seperti yang anda harapkan ? (DO)
    >> Saya harus bersungguh-sungguh melawan kebodohan dan kemalasan diri sendiri.
         


3. Apa yang akan anda lakukan apabila anda sudah memiliki yang anda harapkan? (HAVE)
    >> Yang akan saya lakukan adalah bersungguh-sungguh untuk terus belajar agar menjadi seorang
          pendidik yang terbaik bagi anak dan keluarga. 
          Karena orang yang tidak bergerak setelah mencapai sesuatu, akan tertinggal dengan 
          sendirinya. Dan yang saya ingat pada saat mengikuti salah satu seminar di kampus saya dulu, 
          untuk "Mengikat" ilmu adalah dengan membaginya dengan orang lain, maka sekecil apapun 
          ilmu yang saya dapat terapkan akan saya bagi dengan rekan / sahabat saya yang lainnya.

c. Perhatikan 3 aspek dimensi waktu di bawah ini dan isilah:

1. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu kehidupan kita (lifetime purpose)
    >> Menjadi Wanita, Ibu, dan Istri Sholihah, Perindu Syurga, dan berharap bergelar Almarhumah 
         yang Khusnul Khotimah.

2.Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan ( strategic plan)

   a. Lulus dan Mempraktekkan kuliah Bunda Sayang, Bunda Cekatan, dan Bunda Produktif
   b. Mengikuti Program Self Healing secara Offline.
   c. Membuat Taman Bunga, Buah, dan Sayur di halaman rumah.
   d. Membuat Perpustakaan Mini di rumah.
   e. Membuka bisnis Bimbel.
   f. Merenovasi Rumah (membuat garasi mobil), membeli mobil, dan belajar menyetir mobil.
   
3. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu satu tahun ( new year resolution)

   a. Mempraktekkan Ilmu MIIP dengan sungguh - sungguh dan Istiqomah.
   b. Berusaha menjadi "Teman" untuk Kk Ufa, calon adiknya, dan kedua adik saya di Kampung
       Halaman.
   c. Berhasil membuat Portofolio bermain dan belajar Kk Ufa dan Calon adiknya kelak.
   d. Sudah mendaftar untuk antrian Haji bersama suami di Kabupaten Bekasi.
   e. Mengikuti salah satu kegiatan Rumah Belajar di IIP Bekasi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Kongres Ibu Pembaharu 2

 Bismillahirrahmanirrahim, Alhamdulillah, masih sempat untuk submit tugas Kongres, mengingat jurnal sebelumnya belum submit, walaupun terlam...