Kamis, 08 Agustus 2019

Menstimulasi suka membaca hari2#Manners

Bismillahirrahmanirrahim,

Alhamdulillah memasuki hari kedua, so far g ada drama yang berarti menstimulasi si Kk untuk gemar membaca. Jadwal juga masih sesuai dengan planning setelah sholat isya, malah si kk mulai g sabar membaca, nungguin bundanya selesai sholat😅, maklum kadang mau kadang malas diajak sholat.

Seharian ini si Kk saya titip ke pengasuh, karena masih harus bedrest. Luar biasa, sampai2 cucian piring dan baju numpuk, masak jg sambil duduk cuman goreng udang sama numis alakadarnya. Intinya mah buat bertahan hidup, g tau kenapa mau order go food ud keburu laper😂.

Nah habis Maghrib si Kk diantar sama suami pengasuhq ke rumah, kebetulan ayahnya belum pulang kerja karena harus visit ke supplier. Alhamdulillah ga tantrum atau rewel, jadi aktivitas membaca g terganggu.

Kali ini Kk ufa yang milih buku judulnya "Manners", istilah kalau di Islam adab ya. Sebenarnya saya punya beberapa buku tentang adab, hanya saja gambarnya kurang menarik bagi Kk ufa jadi ya baca  buku yang dia pilih saja. Didalamnya diajarkan tentang bagaimana membiasakan untuk mengucapkan "Maaf", "Tolong", dan "Terimakasih". Tiga hal simple ini merupakan dasar dari cara saling menghormati dengan keluarga dan orang lain. Kita lihat saja berapa banyak orang yang bahkan sampai dewasa susah sekali mengucapkan tiga hal tersebut. Kadang saking biasanya menyuruh sampai lupa bilang tolong apalagi terimakasih. Yah....mungkin dianggap sebuah kewajiban dalam sebuah pekerjaan🤔.

Kata Maaf apalagi, semakin tinggi jabatan dan kadang ego untuk benar, membuat orang dewasa enggan mengakui kesalahannya apalagi meminta maaf. Alhamdulillah sejak kecil saya dan suami selalu mencontohkan dan mengingatkan agar si Kk terbiasa meminta maaf jika salah. Malah kadang sampai minta peluk kalau dirasa bundanya sudah mulai emosi, well... orangtua mana yang g memaafkan anaknya dipeluk dg perasaaan bersalah setulus hati?eaaaa...😍.

Nah seperti biasa si kk memilih menafsirkan sendiri buku yang dia baca. Setelahnya, sambil (ngempeng) saya membacakan isi percakapan dalam buku tersebut. Ahhh...entah sampai kapan si Kk berhenti ngedot dan ngempeng😅. Walaupun sudah mulai mengantuk, si Kk masih bersemangat sampai akhir membaca. Ditandai dengan teriak kenceng bilang "sama2 Bunda"😂. Tak lupa menempel daun satu lagi di pohon literasi Kk Ufa😍.



Berikut dokumentasi aktivitas kami :








#hari2
#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#PohonLiterasi
#KuliahBundaSayang
@institut.ibu.profesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Kongres Ibu Pembaharu 2

 Bismillahirrahmanirrahim, Alhamdulillah, masih sempat untuk submit tugas Kongres, mengingat jurnal sebelumnya belum submit, walaupun terlam...