Kamis, 08 Agustus 2019

Menstimulasi suka membaca hari1#Sofia the fisrt

Bismillahirrahmanirrahim,

Alhamdulillah sudah masuk tantangan game level 5😎.
Materi kali ini tentang bagaimana upaya kita untuk "Menstimulasi agar anak suka membaca". Terus kalau anaknya masih 3.5 tahun apa wajib diaplikasikan?kan di beberapa negara maju, umur dibawah 7 tahun tidak wajib belajar calistung secara formal?

Nah, ternyata menstimulasi dan mengajar membaca itu beda. Menstimulasi lebih membuat suasana bagaimana anak diajak gemar membaca, bisa dibacakan orangtuanya, menafsirkan sendiri isi buku, bahkan bisa juga menghitung gambar benda (pendidikan informal). Mengajar calistung, lebih kepada pendidikan secara formal berdasarkan kurikulum yang berlaku, berhitung pun lebih fokus kepada angka2 dibuku.

Baik, lanjut ke kegiatan menstimulasi membaca, seperti biasa partner setia saya Kk ufa. Jadwal membaca yang pas bagi kami adalah setelah sholat Isya atau sholat Maghrib. Lebih sering seusai sholat isya, karena setelah Maghrib kadang saya menyempatkan tilawah.

Untuk planning buku (Reading Tracker) yang akan kami baca ada 15 (semoga tantangan kali ini bisa sampai 15 hariπŸ˜‚πŸ˜†).



Kebetulan hari ini masih cuti kerja karena bedrest, jadilah sempet membuat pohon literasi :


Rencananya, setiap selesai membaca satu buku maka akan ditempel daun di ranting pohon literasi. Jadi semakin rimbun semakin bagus, kalau semakin gersang tandanya musim gugur πŸ˜‚.

Nah buku yang pertamakali kami baca adalah "Sofia the first", kebetulan Kk ufa baru dapat kado buku ini dari Tante Rian.
Alhamdulillah, langsung bermanfaat 😘.

Awalnya si kk lebih suka mengartikan sendiri isi bacaan bukunya. Nah setelah itu saya yang membacakan isi ceritanya, supaya si Kk lebih faham dan kelak kalau sudah bisa membaca jadi lebih semangat. Kalau cuman menafsirkan gambar, bisa2 hanya suka buku yang bergambar saja alias komikπŸ˜‚.

Berikut dokumentasinya :







#hari1
#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#PohonLiterasi
#KuliahBundaSayang
@institut.ibu.profesional


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Kongres Ibu Pembaharu 2

 Bismillahirrahmanirrahim, Alhamdulillah, masih sempat untuk submit tugas Kongres, mengingat jurnal sebelumnya belum submit, walaupun terlam...