Selasa, 13 Agustus 2019

Menstimulasi membaca hari6#Fruit&Vegetable

Bismillahirrahmanirrahim,

Alhamdulillah masuk hari ke 6,
Deg2an nih, biasanya kl ud hari ke 6 mulai g fokus bikin laporan dan berakhir rapelan😅😂. Kali ini aja semoga ga sampai ada drama ketiduran atau salah submit😂.

Jadi ceritanya laporan kali ini H-1 alias kegiatan kemarin dilaporin hari ini😂. Strategi biar lancar tanpa rapel sih planning nya, tau deh Istiqomah apa ga😅.

Kemarin adalah hari raya Idul Adha, yang paling rempong jelas emak2. Pagi2 ud harus mandiin si kk, nyiapin baju dll. Sepulang sholat Ied, lanjut masak, beberes, tidur deh. Belum nyenyak tidur datanglah kiriman daging sapi dari panitia Qurban. Karena ada 4 sesi kiriman, jadilah biar awet si emak harus pinter-pinter "Meat Preparation". Mulai dari motong kecil2, ada yg direbus, ada yang diblender, dan dipacking per porsi. Pengalaman tahun lalu di taruh di kulkas gtu aja, pas mau masak rempong2 dah nunggu cair motongnya😂.

Selesai beres sama dapur istirahat sejenak, lanjut acara arisan bulanan di gang. Bagi saya yang lagi hamil tua, kok berasa banget capeknya ya😅😂, kayak ud kerja rodi. Tapi Alhamdulillah masih diberi sehat dan kuat. Selepas shalat Isya, akhirnya bisa memulai aktivitas membaca sama Kk ufa. Namun kali ini dia minta membaca sama ayahnya.
Awal2 sih seneng ya, kita tinggal dokumentasi ayah sama Kk ufa yang aktivitas. Eh ujung2nya pura2 ngantuk, akhirnya bundanya turun tangan juga nemenin membaca sampai selesai satu buku. Eits, bukan memaksa sih, lebih ke teknik mengajak si Kk untuk tertarik. Kalau ayahnya kan belum terbiasa, jadinya malah bosan. Butuh intonasi dan pancingan supaya si Kk penasaran membaca.

Misalnya, "wahhhhh ini tanaman apa ya?kok cantik?Kk ufa pernah liat ga?". Atau, "ada ayatnya juga nih Kk ufa, bunda bacain ya?". Atau bisa juga, "wah ini kan buah kesukaan bunda, enaakkk". Untungnya cara ini masih efektif untuk "memprovokasi" si Kk duduk dan semangat lagi membaca😍.

Terlepas dari kekurangan suami  dalam  bermain intonasi, saya sangat bersyukur dengan usahanya. Karena ga semua ayah mau membacakan buku untuk anaknya. Terlebih lagi mengingatkan untuk membaca doa sebelum belajar atau membaca 😘.

Berikut dokumentasi aktivitas kami, kebetulan yang membaca bareng bundanya belum sempat terdokumentasikan karena bundanya sibuk pegang buku😅 :








#hari6
#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#PohonLiterasi
#KuliahBundaSayang
@institut.ibu.profesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Kongres Ibu Pembaharu 2

 Bismillahirrahmanirrahim, Alhamdulillah, masih sempat untuk submit tugas Kongres, mengingat jurnal sebelumnya belum submit, walaupun terlam...