Minggu, 16 Juni 2019

Melatih kecerdasan linguistik part 1

Bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillah sudah masuk hari ke 4.
Semoga niat saya untuk bisa menyelesaikan tantangan tanpa rapel bisa terpecahkan kali iniπŸ˜….

Kali ini saya beralih untuk melatih kecerdasan linguistik kk ufa. Mengapa linguistik?ini berdasarkan pengamatan saya, bahwa si Kk ini suka sekali bercerita dan berkomunikasi. Alih-alih ingin meningkatkan kecerdasan matematis-logis, bagi saya kecerdasan yang lain lebih penting untuk saya gali mengingat usia kk ufa saat ini yang belum saatnya untuk bisa mahir Calistung (baca, tulis, hitung).

Saya kutip sedikit penjabaran dari kecerdasan linguistik menurut Howard Gardner :


KECERDASAN LINGUISTIK
Kecerdasan linguistik adalah kemampuan untuk menggunakan kata-kata secara efektif, baik secara lisan maupun tulisan.
Ciri-ciri :

Anda merasa mudah dan percaya diri mengekspresikan diri anda baik secara lisan maupun tulisan. Contohnya, anda pintar dalam berkomunikasi dan pintar dalam menceritakan atau menulis mengenai sesuatu hal.

Sumber : http://mipersis07.blogspot.com/2012/12/8-kecerdasan-menurut-howard-garner.html?m=1

Nah, Kk ufa ini anaknya suka sekali bersosialisasi. Walaupun belum bisa menulis, namun bahasa lisannya cukup baik. Bahkan dia suka sekali meniru gaya bahasa salah satu aktor kartun kesukaannya yaitu "Upin dan Ipin". Banyak kosakata Malaysia yang dia hafal dan justru sering dipakai dalam berkomunikasi. Bagi saya ini PR untuk bisa meningkatkan kemampuan linguistik nya, misal dengan mengenalkan berbagai bahasa asing lainnya. Alhamdulillah, dia juga mahir dengan hafalan warna bahasa Inggris lewat lagu yang diajarkan guru Paud nya. 

Namun kali ini, saya hanya sedikit memancing kemampuan si kk melalui "peran pura2 sebagai penjual makanan". Bagi saya menawarkan jualan dan menjelaskan apa yang dijual merupakan bagian dari berkomunikasi yang baik.
Siang ini, saat saya sedang asyik melipat pakaian, tiba2 si Kk membalik sepeda mininya untuk dijadikan gerobak jualan. "Beli2...siapa nak beli", ucapnya dengan logat Malaysia. "Bunda mau beli, jualan apa Bang?", Sahut saya. " Jual eskrim", jawabnya. "Mau beli yang apa?"tanyanya lagi. "Tadi kan katanya jualan eskrim, emang jualan apalagi?", tanya saya balik. "Jualan eskrim, sama minuman, sama "ABC" (minuman kesukaan upin Ipin), sama rasa coklat, strawberry, melon...", Jelasnya panjang lebar. "Ya uda, bunda pesen rasa melon sama ABC satu ya Bang...", Jawab saya. "Siap, sama minuman satu ya", imbuhnya. "Iya, tapi jangan yang lama-lama ya bikinnya", pesan saya. "Siap bos", jawabnya.

Sebenarnya percakapan selanjutnya cukup panjang, namun belum tercapture divideo yang saya unggah. Yang jelas jiwa berakting dan mendalami peran bagi kk ufa adalah hal yang mudah. Sering saya jumpai setelah melihat video Nussa dan Rara, saya harus ikut2an akting jadi salah satu diantaranya. Karena dia suka sekali meniru setiap adegan di video tersebut dengan detail, hingga gerakaa dan kata2nya.

Nantikan kisah menggali potensi linguistik Kk ufa selanjutnya yaπŸ˜ŽπŸ˜πŸ€—.



#hari4
#gamelevel3
#tantangan10hari
#myfamilymyteam
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Kongres Ibu Pembaharu 2

 Bismillahirrahmanirrahim, Alhamdulillah, masih sempat untuk submit tugas Kongres, mengingat jurnal sebelumnya belum submit, walaupun terlam...