Selasa, 18 Juni 2019

Melatih kecerdasan kinestetik part 1

Bismillahirrahmanirrahim,

Alhamdulillah sudah masuk hari ke 6,
dan sejauh ini masih belum sampai rapel laporan😅.

Kali ini saya memilih loncat ke melatih kecerdasan kinestetik kK Ufa. Sebenarnya Kk termasuk anak yang sangat aktif dan suka bergerak, namun tantangan bagi kami adalah beberapa anak tetangga yang lebih suka main gadget daripada bermain diluar. Alhasil, kami berusaha untuk sebisa mungkin membatasi gadget dan memberikan waktu khisuk bagi si Kk untuk main diluar rumah. Alih-alih melarang gadget, karena yang kami pahami semakin dilarang maka anak akan semakin penasaran. Begitupun dengan jadwal main diluar rumah, jika tidak diatur maka anak akan berkurang waktu bondingnya dengan keluarga.

Nah, jadwal main kk ufa diluar yang sudah rutin berjalan adalah sore hari, setelah makan dan mandi. Namun terkadang, jadwal makan berbarengan dengan main jika tidur siangnya agak panjang. Sore ini seperti biasa si Kk main petak umpet, kejar2an, dan naik sepeda dengan teman-temannya, yang kebanyakan lebih tua. Salah satu sahabat yang cocok dengan perangai si kk yang cerewet dan suka mengatur adalah dengan teman yang pendiam dan sabar. Nah tipe yang seperti ini jarang sekali bertengkar sama si Kk, kebetulan ada salah satu tetangga yang cocok sekali main sama si Kk, namanya mb Anin. Walaupun satu tahun lebih tua, secara fisik Kk ufa masih lebih tinggi daripada Mb anin. Jadinya si Kk lebih sering bonceng Mb Anin ketimbang dibonceng😂.

Jujur saya cukup takjub dengan kedekatan mereka berdua, karena jarang2 ada anak seumuran Kk ufa yang mau berbagi dan saling membonceng.

Alhamdulillah, selain melatih kecerdasan kinestetik, dengan memberikan ruang bagi anak untuk bermain diluar, berarti melatih kecerdasan emosional (saling berbagi dan memahami sifat teman) dan linguistik nya(cara berkomunikasi dan bersosialisasi) .Ada beberapa manfaat dari melatih kecerdasan kinestetik yang saya baca di salah satu artikel :

1. Meningkatkan kemampuan psikomotorik.
2. Membangun rasa percaya diri.
3. Meningkatkan kemampuan sosial.
4. Meningkatkan kemampuan sportivitas.
5. Meningkatkan kesehatan tubuh.

Sumber : https://psikologan.blogspot.com/2015/08/5-manfaat-kecerdasan-kinestetik-bagi.html?m=1

Alhamdulillah, semoga kedepan kk ufa menjadi anak yang sehat jiwa dan raganya. Lebih mampu untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya 🤗.






#hari6
#gamelevel3
#tantangan10hari
#myfamilymyteam
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Kongres Ibu Pembaharu 2

 Bismillahirrahmanirrahim, Alhamdulillah, masih sempat untuk submit tugas Kongres, mengingat jurnal sebelumnya belum submit, walaupun terlam...