Minggu, 08 Maret 2020

Resume Day 5

Resume Materi

Pemanasan dlu nih..

Adakah yg sudah tau gender dan seks itu sama atau beda ?

Jawab:

Aku taunya gender itu laki laki dan perempuan

Sex itu berhubungan intim 🤭

Setelah baca materinya ternyata bukan itu artinya

Nah jgn sampai pemahaman yg salah kita sampaikan bada anak ☺️


Lalu Apakah gender dan seks itu sama ?

Apa sih gender ?

Apa sih itu seks ?

PERTANYAAN

1⃣

Teh saya mau tanya.

Saya sempet bingung karena ada beberapa ulasan tentang parenting yang katanya mainan dan warna itu tidak memiliki gender, sehingga anak tidak apa2 jika ingin bermain mainan/memilih warna apapun. Tapi di sisi lain kita masih menerapkan kalau biru itu untuk laki2, pink itu perempuan. Mobil2an/pedang/robot itu untuk laki2, boneka/masak-masakan untuk perempuan. Jadi sebetulnya gimana ya? Apakah sebetulnya boleh anak laki-laki main masak-masakan, perempuan main mobil2an?


JAWAB:

Gender adalah perbedaan laki laki dan perempuan dalam hal peran, fungsi, hak dab tabggung jawab yg dibentuk oleh nilai2 dimasyarakat


Bermain atau warna apakah termasuk pada peran,hak, tanggung jwb seorang laki2 dan wanita ?


Dari pengertian diatas bsa kita simpulkan ya bahwa sbnernya warna dan mainan itu tidk mempengaruhi gender, boleh anak perempuan main mobilan dan laki2 main masak2an sbgai salah satu cara mengasah bakat anaj..hanya tetap perlu diawasi batasannya, spt anak perempuan suka mobil2an atau warna biru gpp, asal ketika berpakaian, berperilaku sesuai dgn fitrah org tua tetap ajarkan dan tanamkan fitrah sesuai jenis kelaminnya..


Kuncinya adalah asal anak tidak berperilaku atau bergaya melawat kodratnya atau berpakaian yg tdk sesuai kodratnya


PERTANYAAN

2⃣

Aku juga mau nanya..

Apa oerbedaan feminisme sama kesetaraan gender?


JAWAB

Feminisme awalnya diperkenalkan oleh Charles Fourier, aktivis sosial utopis pada tahun 1837 mengenai feminisme adalah bentuk emansipasi secara radikal. Dengan latar belakang kejenuhan akan nasib wanita yg terjadi d barat, feminisme lahir dan mendukung persamaan mutlak hak serta kewajiban antara laki - laki dan perempuannd berbagai bidang


Namun kesetaraan gender, lebih ke peran dan kebebasan dalam mengambil keputusan namun tidak melupakan kodrat dari masing masing.


Contoh :

kaum feminis memandang ajaran Islam tidak adil dalam hal pembagian warisan, Pdahal jika dikaji lebih dalam maksud dari pembagian warisan yg berbeda ini adalah karena kaum laki- laki mendapat warisan karena untuk menafkahi anak dan istrinya, sedangkan wanita untuk dirinya sendiri saja.


PERTANYAAN

3⃣

Apakah kesetaraan gender yg dinamis itu lama2 berpotensi menggerus fitrah seksualitas? Gmn cara mencegah biar itu ga kejadian?


JAWAB


3️⃣

Itu bisa saja terjadi, jika fitrah seksualitas tdk ditanamkan pada anak sejak lahir


Kesetraan gender artinya tdk ada diskriminasi peran dgn jenis kelamin.


Jika kesetraan gender ini selalu bergerak dan mulai menggeser, cara untuk mengantisipasinya adalah dgn tanamkan fitrah seksualitas sejak lahir.


Kita pahami bersama apa itu fitrah seksualitas ?


Menurut ust. Harry dalam buku FBE, fitrah seksualitas adalah bagaimana seseorang berpikir, merasa dan bersikap sesuai fitrahnya sbg seorang laki2 sejati atau perempuan seutuhnya.


Caranya adalah kita sebagai org tua mulai menanamkan fitrah seksualitas sejak lahir, karena pendidikan fitrah seksualits dgn pendidikan seks itu berbeda. Pendidikan fitrah seksualitas dimulai sejak bayi lahir.


Jadi dalam mendidik fitrah seksualitas sosok ayah dan ibu senantiasa hadir dari sejak lahir hingga aqilbaligh. Proses pendidikan fitrah ini memerlukan kedekatan yg berbeda sesuai tahapannya..


So cara awal agar mengantisipasinya melalui pendidikan fitrah seksualitas ayah ibu di rumah, sehingga ketika anak dewasa tdk mudah terbawa arus kesetaraan gender yg mulai menggerus fitrah krna fondasi daru rumah yg sudah kuat.


Semoga apa yang di bahas bisa bermanfaat


#day5
#Gamelevel11
#KuliahBunSayIIP
#MembangkitkanFitrahSeksualitasAnak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Kongres Ibu Pembaharu 2

 Bismillahirrahmanirrahim, Alhamdulillah, masih sempat untuk submit tugas Kongres, mengingat jurnal sebelumnya belum submit, walaupun terlam...