Kamis, 07 November 2019

Semua anak adalah bintang day 9

Bismillahirrahmanirrahim,

Alhamdulillah, lanjut laporan hari ke 9.
Hari ini tentang kecerdasan emosional si Kk. Jujur si Kk ini sifatnya menurun dari Bunda nya, keras kepala, mudah emosi, mudah cemburu, namun mudah juga untuk memaafkan. Seperti halnya dengan anak sulung yang lainnya, si Kk awalnya ingin si dd bayi segera dilahirkan. Nah, setelah dilahirkan muncullah aura persaingan dan kecemburuan dengan si dd. Walaupun saya dan suami sudah beberapa kali belajar tentang mencegah sibling rivalry, namun nyatanya kadang susah sekali mengontrol emosi.

Alhamdulillah, walaupun si Kk kadang marah, tapi rasa sayang sama si dd masih lebih dominan. Terbukti setiap si dd nangis, Kk berusaha nenangin atau ngasih tau ke bundanya. Kadang juga sering ngajak dd ngobrol, menyanyi, dan membacakan cerita. Jujur saya salut dengan si Kk yang sudah mulai belajar dewasa dan bertanggung jawab. Tentunya saya sebagai ibu juga harus sadar diri, bahwa tidak boleh memaksa kan si Kk untuk paham dan sayang setiap saat dengan si dd. Jika ingin si Kk sayang dengan dd, maka berikan hak kasih sayang kepada si Kk dengan baik. Terbukti jika si Kk emosinya terkendali, bunda dan ayah menyalurkan kasih sayang ke dia, maka tak segan si Kk juga sayang banget sama si dd. Apa aja kebutuhan si dd dibantu ambilin, ketika gumoh buru2 ambil kain, atau ketika mau jemur ke depan buru2 bawain kursi untuk duduk.

Ini salah satu contoh ketika si Kk lagi sayang2 nya sama si dd😍😘.




✓Nama anak: Ufairah Az Zahra
✓Usia: 45 bulan
✓Hari/Tgl : Kamis, 7 November 2019
✓Lokasi : Rumah
✓Kategori kegiatan : "Spontan"
✓Ekspresi anak "senang"
✓Poin pembelajaran "sikap, keterampilan, pengetahuan"
✓Pengamatan saat kegiatan : "Si Kk sudah mulai bisa mengendalikan emosi dengan baik. Mulai menerima kehadiran sang adik dan berusaha untuk saling menyayangi ".
✓Refleksi dan inspirasi kegiatan berikutnya : "Terus memupuk kasih sayang dan menanamkan rasa tanggung jawab serta meyakinkan bahwa dengan kehadiran si dd, kasih sayang ayah dan bundanya tidak berkurang".

#hari9
#gamelevel7
#tantangan10hari
#semuaanakadalahbintang
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Kongres Ibu Pembaharu 2

 Bismillahirrahmanirrahim, Alhamdulillah, masih sempat untuk submit tugas Kongres, mengingat jurnal sebelumnya belum submit, walaupun terlam...