Kamis, 28 November 2019

Mendidik anak cerdas financial sejak dini day7

Bismillahirrahmanirrahim,

Alhamdulillah, walaupun sederhana tapi setiap harinya masih ada hal2 kecil yang menurutnya saya ada muatan pendidikan financial bagi si Kk.

Nah, hari ini saya sedang mengevaluasi cara si Kk dalam membeli jajan atau makanan. Pagi ini si Kk moodnya sedang jelek sekali, sampai2 ayahnya ga boleh mandi, bundanya g boleh ngasih asi buat dd bayi. Ada aja rewelnya, baru mereda saat diajak naik motor keliling komplek (sudah hal wajib sebelum ayahnya
berangkat kerja).
Nah pulang2 beli nasi uduk, cuman pas saya suapin maunya pakai nasi sama telurnya aja. Nah ini yang bikin saya kecewa, kalau cuman nasi sama telur juga ada di rumah😥.

B : Nak, lain kali kalau beli makanan ya harus dimakan semua. Kayak gini kan sayang jadinya bunda yang habisin.
K : Maaf bunda...tapi ufa cuma mau nasi sama telur
B : kalau cuman itu kan bunda bisa masakin di rumah nak, nasi ada tinggal goreng telur aja...
K : Ehmmm...g mau...maunya beli...
B : Boleh kok beli, tapi bilang maunya apa, jangan semuanya dicampur ya, biar ga mubadzir nak...
K : (mengangguk, entah faham atau pura2 faham 🙄)

Nah, untuk kasus beli jajan si Kk juga tergolong unik. Biasanya kalau anak beli kan suka ya kalau ditawarkan mau beli 2 apa satu, pasti jawaban 2. Tapi kl si Kk kepingin satu ya satu aja, walaupun murah tetep aja ambil cuman satu. Bagi saya ini sudah termasuk luar biasa, karena dia sudah mulai paham konsep membelanjakan uang dengan bijak. Cuman pagi ini agak beda karena si Kk kok beli coklat 3, eh ternyata pas saya cek masing-masing beda varian rasa. Bener sih minta coklat cuman 1, tapi 1 tiap varian rasa😂.




#hari7
#gamelevel8
#tantangan10hari
#mendidikanakcerdasfinancial
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Kongres Ibu Pembaharu 2

 Bismillahirrahmanirrahim, Alhamdulillah, masih sempat untuk submit tugas Kongres, mengingat jurnal sebelumnya belum submit, walaupun terlam...