Jumat, 22 November 2019

Mendidik anak cerdas financial sejak dini day 1

Bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillah,
Walaupun telat sehari, akhirnya bisa buka HP tengah malam. Pasalnya dari 3 hari yang lalu si dd bayi diare dan dehidrasi. Jadilah mamak dituntut super fokus ke si bayi, si kk? jangan ditanya masih cemburu luar biasa.

Berbicara tentang cerdas financial si Kk sudah saya ajari menabung sejak umur 3 tahun. Ayahnya yang beriniaiberi membelikan celengan sederhana berupa bebek warna kuning. Ternyata cukup efektif, mengingat anak kecil sangat bahagia dengan hadiah tanpa melihat "harga dan merk", betul ga??atau seiring dengan perkembangan jaman hal ini sudah tergeser?hehe hehe. Yang jelas si Kk semangat sekali memasukkan uang koin yang ia "temukan" atau ia minta ke ayah ataupun Bunda. Pernah sekali kami (sayasdan si Kk) memecah celengan hasil iseng meletakkan uang koin, dan hasilnya lumayan banyak. Walaupun ga sampai sejuta lah ya, sekitar 130ribu ternyata ada loh....lumayan kan buat beli daging sekilo wkwkwk.

Nah, dengan adanya game level ini saya mulai tergelitik tanya ke si kk. Kak, nanti kalau uang celengan di bebek banyak Kk mau beli apa?(secara, dulu awal menabung dia ingin beli sepeda, tapi sudah dibelikan ayahnya). "Ehhmmm mau beli apa ya?", Entah mikir beneran atau pura2 wkwkwk. Lalu saya pancing, mau beli mainan kali?.
Dannn jawabannya mencengangkan, "Ufa mau beli tiket buat pulang kampung ke rumah Mbh To, naik pesawat, naik kereta, naik mobil, sama naik ojek", begitu selorohnya. Saya ketawa geli, segala angkutan disebutin 😂, tapi yang luar biasa ternyata si Kk ga mau tergoda beli mainan. Tanya kenapa?karena kami sejak kecil ga memanjakan dia untuk menuruti beli mainan. Apalagi iseng membelikan mainan, kebanyakan mainannya adalah lungsuran yang diberi oleh tetangga dan kado dari teman dan tantenya. Pelit?kalau masalah mainan iya, karena lifetimenya sebentar menurut kami, kalau masalah edukasi harga jutaan mah hayo aja bagi saya.

Nah, berhubung si Kk hari ini juga muntah2 jadi ga mood di foto. Alhasil foto celengannya aja deh untuk dokumentasi 😂.


#hari1
#gamelevel8
#tantangan10hari
#mendidikanakcerdasfinancial
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Kongres Ibu Pembaharu 2

 Bismillahirrahmanirrahim, Alhamdulillah, masih sempat untuk submit tugas Kongres, mengingat jurnal sebelumnya belum submit, walaupun terlam...