Jumat, 16 Agustus 2019

Menstimulasi suka membaca hari9#Nature

Bismillahirrahmanirrahim,

Alhamdulillah, yeayyyy sudah masuk hari ke 9.
Pencapaian baru nih sampai hari ini g ada rapel😙.

Hari ini perjalanan pulang kerja cukup padat, maklum hari Jumat menjelang weekend pada turun gunung semua😎.
Alhasil sampai rumah sudah Isya, karena kelaparan jadi dinner duluan diluar deh sama ayah, g jadi masak. Setelah si Kk ufa ikut ayahnya jamaah di masjid, sesuai jadwal harian waktunya membaca😍.

Setiap diajak membaca Alhamdulilah si Kk ga menolak, syaratnya cuma satu, bukan dlm kondisi dia ngantuk berat. Sebenarnya ini juga dia ud ngantuk, tapi ga berat2 amat😂. Jadilah baca buku sambil minum susu di dot. Lucunya setiap saya ajak "read a loud", dotnya dilepas, tanda si Kk masih antusias.

Hari ini buku yang kami pilih berjudul "Nature" alias tentang alam. Karena gambarnya cukup kompleks, jadi kadang Kk ufa belum bisa menebak maksud gambar nya apa. Contohnya saat akan menunjukkan gugusan bintang, si Kk salfok alias salah fokus pada gambar Kk laki2 yang sedang melihat melalui teropong 😂.
Atau saat harus menebak siang hari, ada gambar Kk perempuan sedang melukis. Nah tinggal pintar2 bundanya ngasih clue, contohnya "kalau ada matahari berarti tandanya hari ud si....si....?". "Siang" jawabnya lantang. Atau bundanya iseng tanya, "kalau bulan temennya siapa?". "Bintang", jawab si Kk. "Kalau matahari temennya?". "Pelangi", jawabnya yang membuat saya takjub. Ga kepikiran jawaban itu lho...karena memang tanpa hujan dan sinar matahari ga mungkin pelangi terbentuk.

Lalu kita membahas tentang ayat Alqur'an yang menjelaskan bahwa Allah (kuasa) untuk memasukkan siang ke dalam malam dan memasukkan malam kedalam siang. "Jadi maksudnya siang dan malam itu gantian Kk Uda, ga bisa bareng2", saya jelaskan dengan simple. "Oh gtu ya, jadi ga bisa bareng2", gumamnya. Iyalah, kalau siang berteman sama matahari, nah setelah tenggelam malam berteman sama bintang dan bulan deh...

Nah, berikut dokumentasi aktivitas membaca kami hari ini :











#hari9
#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#PohonLiterasi
#KuliahBundaSayang
@institut.ibu.profesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Kongres Ibu Pembaharu 2

 Bismillahirrahmanirrahim, Alhamdulillah, masih sempat untuk submit tugas Kongres, mengingat jurnal sebelumnya belum submit, walaupun terlam...