Sabtu, 13 Juli 2019

Mengenal gaya belajar anak# bermain di rumah

Bismillahirrahmanirrahim,
Alhamdulillah setelah drama ngetik ketiduran, akhirnya pagi ini punya me time untuk ngetik.
Sudah masuk hari kedua, masih belum sempet bikin tabel. Dipikir-pikir apa g perlu bikin tabel ya....ngalir aja gtu....cmn kok kayak g punya planning banget๐Ÿ˜‚.

Salah satu pengamatan gaya belajar anak yang mudah dan praktis adalah membiarkan dy bermain dan kita tinggal mengamati. Kebetulan kalau saya tidak sempat mengamati di rumah, ya alternatifnya video call dengan si Kk waktu bermain di rumah pengasuh nya. Bagi kami ini ga mengurangi kualitas bonding, malah senang sekali si Kk kalau liat situasi kerjaan bundanya. Hanya melihat ada tangga yang tinggi dan truk yang besar lewat aja ud bahagia dy๐Ÿ˜†.

Seperti biasa, permainan yang paling Kk sukai adalah masak2an. Alhamdulillah sesuai kodratnya sebagai perempuan, mengingat dulu bundanya tombol akut yang demennya main layangan sama sepak bola ketimbang masak2an ๐Ÿ˜‚. Jangan ditanya sekarang insyafnya gmn, yg jelas butuh proses yang lama dan saya g mau si Kk mengalami hal yang sama, berat takutnya dy g kuat๐Ÿ™Š.

Nah kalau saya amati, imajinasi si Kk ini sangat tinggi. Mulai dari menawarkan bundanya mau pesen makanan apa (misal ayam goreng, soto, bakso, dll), eskrim rasa buah (anggur, apel, strawberry). Cara masaknya pun mirip koki yang pro gitu, bolehlah kalau gayanya mah ngikutin video, maklum saya masih membolehkan dy liat you*ube. Hanya saja saya batasi tiap sesi g lebih dari 5 menit dan dijeda beberapa jam. Alhamdulillah tiap bundanya bilang "sudaaaahh", dy langsung sigap mengembalikan HP ke bundanya.

Karena type mudah bosan, mendadak habis masak2an dy berubah jadi wanita kantoran, kebetulan dpt hadiah tas kecil dari tantenya kmrin. Setelah puas pura2 berangkat kerja, lanjut sholat Dhuha katanya. Sebenarnya saya kl di kantor membiasakan diri sholat Dhuha, hanya saja akhir2 ini gampang beser jd mulai males. Liat anak saya begini kok langsung merasa tersindir bgt ya๐Ÿ˜….

Yah dari pengamatan diatas, terlihat dominan belajarnya masih di visual - kinestetik. Karena cukup dg melihat video dan kebiasaan bundanya, si Kk bisa menirukan dengan detail kegiatan yang disukainya.









#hari2
#Tantangan10hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#kuliahBunSayIIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Kongres Ibu Pembaharu 2

 Bismillahirrahmanirrahim, Alhamdulillah, masih sempat untuk submit tugas Kongres, mengingat jurnal sebelumnya belum submit, walaupun terlam...