Selasa, 16 Juli 2019

Mengenal Gaya Belajar Anak# Alif ba ta dan Labirin

Bismillahirrahmanirrahim,
Alhamdulillah

Sudah masuk hari ke 5, 
Niatnya tanpa rapel, eh ternyata salah liat tanggal akhirnya sehari submit 2x dini hari dan tengah malam. Ahhh...emak2 ud mulai lieur kl urusan tanggal๐Ÿ˜‚.

Tak apalah, yang penting semangat utk terus membersamai si kecil harus terus berkobar. Mendokumentasikan kegiatan si kecil sebenarnya melatih kita untuk evaluasi, memaksa kita merenung memahami karakter anak. Walaupun jujur kadang merasa banyak kekurangan sebagai orangtua, namun ketika si anak bilang "kk sayang Bunda, sayang Ayah, sayang dd bayi juga", seraya elus2 perut bundanya. ahhh...apalah ibu yang sempurna, di mata anak kita dengan segala kekurangan kita sudah menjadi "Super Hero" baginya.

Nah, back to laporan, hari ini sepulang kerja si Kk belum mengantuk. Buru2 dy ambil meja belajar lipat miliknya, lalu merengek minta bundanya jadi "Cikgu" alias guru dan si Kk jadi muridnya. Entahlah, emaknya masih bau asem, belum sempat ganti baju, harus ikhlas nemenin mumpung lagi semangat belajar, ya kannn?. 

Seperti yang saya ulas sebelumnya, si Kk yang cenderung visual-kinestetik juga masih memiliki beberapa ciri gaya belajar auditori. Seperti saat pura2 membaca buku kajian bundanya yang notabene bahasa Arab, isinya apa jadinya melafalkan alif, ba, ta sampai hamzah, ya'๐Ÿ˜‚. Metode menghafalnya ya karena sering liat film Upin Ipin (visual), kadang juga mendengar musik anak islami (Auditori). Sebenarnya si Kk juga sudah mulai sedikit2 menghafal surat Al-fatihah, cuman memang harus dipancing permulaan ayatnya baru keinget lanjutannya dy๐Ÿ˜…. 

Nah yang selanjutnya belajar melatih imajinasinya, dengan mencari jalan di labirin untuk 3 hewan (monyet, kambing, dan macan). Walaupun masih belum faham, kadang mengambil arah yang bukan berupa jalan, jadi harus difahamkan harus sesuai jalan yang sudah ada. Namun untuk tujuan, dy sudah tau mana makanan monyet, kambing, dan macan.

Belajar sesingkat itu, bisa saja bagi si Kk sangat berkesan. Buktinya, walaupun waktu si kk bersama pengasuh saya lebih banyak, Alhamdulilah jika liat saya cuti misalnya dy kekeuh kepingin di rumah sama bundanya. Walaupun misal sedang g enak badan, tp melihat antusias si anak ingin selalu dekat bundanya menjadi penyemangat tersendiri ๐Ÿ˜.



#hari5
#Tantangan10hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#kuliahBunSayIIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Kongres Ibu Pembaharu 2

 Bismillahirrahmanirrahim, Alhamdulillah, masih sempat untuk submit tugas Kongres, mengingat jurnal sebelumnya belum submit, walaupun terlam...