Jumat, 07 September 2018

TUGAS MATERI KULIAH NHW 3

*MEMBANGUN PERADABAN DARI DALAM RUMAH*

Bunda, setelah kita belajar tentang "Membangun Peradaban dari Dalam Rumah" maka pekan ini kita akan belajar mempraktekkannya satu persatu.



Bagi anda yang sudah berkeluarga dan dikaruniai satu tim yang utuh sampai hari ini.

a. Jatuh cintalah kembali kepada suami anda, buatlah surat cinta yang menjadikan anda memiliki "alasan kuat" bahwa dia layak menjadi ayah bagi anak-anak anda. Berikan kepadanya dan lihatlah respon dari suami.
b.Lihatlah anak-anak anda, tuliskan potensi kekuatan diri mereka masing-masing.
c. Lihatlah diri anda, silakan cari kekuatan potensi diri anda. kemudian tengok kembali anak dan suami, silakan baca kehendak Allah, mengapa anda dihadirkan di tengah-tengah keluarga seperti ini dengan bekal kekuatan potensi yg anda miliki.
d. Lihat lingkungan dimana anda tinggal saat ini, tantangan apa saja yang ada di depan anda? adakah anda menangkap maksud Allah, mengapa keluarga anda dihadirkan disini?

Bismillahirrahmanirrahim…

Alhamdulillah...akhirnya sampai juga di Pekan ketiga yang tentunya ada “Misi Indah” lagi menanti. Kali ini tantangan besarnya adalah membuat Surat Cinta dan diminta untuk jatuh cinta kembali dengan Sang Suami. Kebetulan sekali malamnya saya sedang berdiskusi dengan suami tentang beberapa kelalaian saya selama ini menjadi seorang Ibu.

Di pangkuan suami saya menangis sesenggukan karena merasa belum bisa menerima suami apa adanya, padahal dengan terus terang suami menyatakan kalau menerima segala kekurangan saya (termasuk fisik saya yang agak lemah).

Pagi harinya saya memutuskan untuk mengambil cuti haid, sekaligus untuk menenangkan diri.Karena teringat pertama kali Ta’aruf dengan suami melalui selembar surat tulisan tangan ala kadarnya, saya jadi terinspirasi untuk menulis surat cinta manual alias tulis tangan.
           Malam hari, sebelum suami pulang saya whatsapp beliau untuk membuka surat yang saya buat di atas Kulkas, sengaja saya info kalau tidak bisa2 ga dibaca itu surat sampai pagi...he3x.

Beginilah penampakan Whatsappnya :



          Yah setelah saya ketiduran dan bangun2 suami belum datang alhasil saya sibuk di perdapuran sekalian nyuci baju malam2.
          Maklum di rumah tidak ada ART dan pengasuh dd Ufa sesuai kesepakatan hanya mengurus saja, cucian diserahkan ke bundanya hehehe.
          Pas sibuk di belakang eh ternyata kangmas sudah duduk manis sambil baca itu surat...duhhhh malunya...padahal niatnya biar suami baca saya sudah tidur eh malah kebangun duluan hehehe.
           Responnya? Ah karena suami orangnya Gengsi tingkat tinggi ya cuman mesam mesem saja. Langsung masuk kamar, saya samperin pura2 nya diskusi tentang dd ufa. Eh lanjut diskusi ini itu, pas disinggung masalah surat bilangnya uda ngantuk. Hehehe...I Know suami kalau ud malu pasti begitu.
             Besoknya di kantor, pagi2 ngajak ketemuan di bawah office. Eh bawa hadiah katanya, kirain apaan ternyata pisang goreng....Lumayan nyampe meja saya makan satu dan tanpa komando temen yang lain langsung rebutan😆.




Beginilah tampilan Surat Cintanya, pake cap bibir merah belepotan 😆



            Nah, Misi yang kedua adalah potensi yg ada pd diri dd Ufa, ya sejak masih 2.5 bln perkembangannya cukup cepat dari anak seumurannya, dy sdh bs tengkurap sendiri tp harus dibalik 😂. Sampai merangkak, tumbuh Gigi, Berdiri, bahkan berjalan overall normal. Dd ufa termasuk anak yg sangat aktif baru bisa jalan pinginnya langsung lari, sekarang sukanya loncat-loncat mungkin genetik dari bundanya yg dulu tomboy hehehe. Termasuk anak jagoan krn jika diganggu dia akan balas mukul, tp kl g diganggu dia adem ayem sih. Di umur 2.5 thn ini dy sdh lancar naik sepeda gowes roda 4. Bahkan yg luar biasa hanya butuh 2 Minggu saja untuk mengajarkan toilet training. Drama hanya saat hari pertama diajarkan msh pipis tiap 15 menit sekali, pub di celana, lama2 uda risih dan mulai bisa bilang pipis dan “bau” alias mau pub. setelahnya malam pun no drama ngompol di kasur krn sebelumnya toilet training saya mix malamnya masih pakai pospak. Dilihat pospak kering sampai pagi besoknya free no pospak. Beda dengan cerita teman-teman yang butuh berbulan-bulan lamanya untuk mengajarkan TT. Alhamdulillah untuk berbicara juga lancar, sudah bisa merangkai lebih dari 5 kata, misal “ Ayah, bunda nih ala-ala (marah2) mulu”. Atau “mamuk(nyamuk) jangan gigit ya, ufa kan nak mau bobo”. Ya begitulah gayanya suka ngomelin anak tetangga padahal dianya juga iseng hehehe. Dia juga sudah banyak hafal nama dan bentuk hewan, buah, bunga, dan berbagai benda. Untuk warna masih agak kesulitan membedakan tapi tau warna kesukaannya semisal warna pink dan sudah bisa menyebutkan warna dasar. Dia type anak thinking jadi suka berfikir dan fokus terhadap sesuatu. Bisa diajak berdiskusi dan mengenalkan aturan dengan cara konsekuensi. Dia bisa diberikan tanggung jawab ( misal kalau menumpahkan sesuatu langsung di pel) atau merapikan mainannya sendiri. Termasuk anak yang jujur, karena jika ditanya siapa yang menjatuhkan atau siapa yang mukul dia pasti ngaku. Cepat menghafal juga seperti doa harian, salam, dan ungkapan seperti Alhamdulillah, astaghfirullah dll.

      Nah PR terbesar adalah potensi yang saya miliki. Jujur semenjak masuk ke dunia kerja saya jadi merasa tidak ada apa-apanya dibandingkan rekan-rekan lain yang berprestasi. Walaupun saya termasuk orang yang type kompetitor, tapi karena niat bekerja saya bukan untuk karir jadi seringkali let it flow dengan alur kerja kecuali jika ada perintah atasan langsung deh dikerjakan sepenuh hati hehehe. Saya termasuk orang yang pekerja keras, selama menikah semua pekerjaan domestik mulai mencuci, memasak, menyetrika, beres2 saya kerjakan sendiri tanpa bantuan ART tp sesekali dibantu suami. Walaupun rekan2 banyak yang meledek sudah kerja masih kerja di rumah, menurut saya why not selain lebih hemat saya pun bisa mudah beradaptasi jika suatu saat harus resign. Saya juga type pembelajar, walaupun tidak sehebat rekan2 kelas MIIP lainnya, tapi untuk parenting, challenge memasak, belajar agama saya termasuk cukup tekun. Selain itu saya mempunyai jiwa kepemimpinan dan mengajar, karena sewaktu single saya sudah biasa berorganisasi, menjadi guru bimbel baik sebelum bekerja sampai menjadi volunteer mengajar penerima beasiswa Astra saat sudah bekerja. Saya juga pernah menjadi pengisi materi mentoring keagamaan di kampus Polman Astra dan salah satu Mts di daerah Jakut. Saya type extrovert jadi sudah biasa show di depan publik, pengalaman yang cukup berkesan adalah menjadi moderator di seminar kampus, MC dan pengisi materi di acara kajian remaja, dan menjadi narasumber tetap di radio islamic center Jakut. Tapi semenjak pindah ke Bekasi saya terlalu sibuk dengan kerja dan perjalanan yang cukup jauh Jakarta- Bekasi. Sehingga weekend lebih sering full di rumah saat ini, menghadiri acara kajian rutin mingguan dan bulanan itu saja. Untuk jiwa enterpreneur saya belum jago walaupun sempat waktu kuliah jualan gorengan, jualan produk dosen saya seperti baju, kerudung, kaldu non MSG dll apa saja yang bisa saya jual saya jual deh asal jangan ginjal hihihi.
        Sampai saat ini saya masih bertanya-tanya mengapa Allah memilihkan saya bertempat tinggal di Bekasi Utara, tepatnya di perumahan saya saat ini. Jujur saya belum begitu berbaur dengan tetangga karena mayoritas ibu pekerja juga, atau ibu rumah tangga yang jarang keluar rumah. Namun saya bersyukur ditemukan dengan pengasuh anak saya saat ini, walaupun hanya mengurus anak (mencuci saya sendiri). Tapi beliau dan suaminya sangat penyayang, kebetulan suami pengasuh saya pun seorang satpam di perumahan tempat saya. Jadi jika ada hal yang aneh semisal dulu ada orang tak dikenal mengaku mengirimkan barang padahal saya tidak pesan, nah beliau spontan saya telpon karena posisi saya di kantor, Alhamdulillah orangnya langsung kabur. Tantangan terbesar adalah bagaimana saya bisa berbaur dengan tetangga kanan kiri dimana waktu saya lebih banyak diluar rumah. Untuk pergaulan Alhamdulillah anak disini cukup kondusif, rumah saya pun dekat sekali dengan Masjid. Suami juga Alhamdulillah jika tidak ada halangan yang berarti, pasti jamaah di Masjid. Sehingga untuk berbaur dengan bapak-bapak lainnya beliau tidak mengalami kesulitan. Untuk menangkap qadarullah saya ditempatkan di daerah saya saat ini, mungkin untuk melatih seberapa besar proses adaptasi dengan lingkungan dan jiwa sosial saya.

Baik itu saja yang bisa saya tuliskan di nhw kali ini. Semoga kedepan saya bisa lebih menggali potensi pribadi, anak-anak, dan suami. Serta lebih bisa berkontribusi untuk masyarakat sekitar 😊. Amiiin Ya Allah Ya Mujibassailiin😇
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Kongres Ibu Pembaharu 2

 Bismillahirrahmanirrahim, Alhamdulillah, masih sempat untuk submit tugas Kongres, mengingat jurnal sebelumnya belum submit, walaupun terlam...