Jumat, 07 September 2018

TUGAS MATERI KULIAH NHW 5

Nama : Devi Herawati
MIIP Batch 6 Bekasi 1

Belajar Bagaimana Caranya Belajar (Learning How to Learn)

Bismillahirrahmanirrahim,

Alhamdulillahirabbil’alamiin, akhirnya sampai juga di next level yaitu NHW#5.
Di level ini saya sudah mulai mengerucutkan pola pikir dan pola belajar saya untuk membentuk “Habbit” menuju kesuksesan yang saya targetkan. Ya, kesuksesan sebagai seorang wanita, istri, dan sekaligus seorang Ibu. Walaupun saat ini saya masih berprofesi sebagai wanita karir, saya terinspirasi dari kata2 Bu Septi Peni bahwa walaupun beliau bekerja di ranah domestik tidak menjadikan antipati terhadap ibu yang bekerja di ranah publik. Selama ia memiliki kemampuan untuk bisa tetap profesional di rumah. Ia mengistilahkan sebagai “double garda”. Energi ekstra.

“Buat saya, wanita karir adalah seorang ibu yang mandiri secara finansial tanpa meninggalkan anak-anak di rumah,” katanya dalam Suara Hidayatullah (Maret, 2008)

Dari pesan Bu Septi diatas, saya jadi semakin bersemangat alias tidak minder lagi untuk berjuang menjadi ibu pembelajar yang baik.

Nah di NHW#5 kali ini saya sangat bersemangat karena berusaha untuk membuat metode pembelajaran yang “gue banget” :).

Setelah saya mengikuti tes online, ternyata berdasarkan kepribadian, saya termasuk type Visual . Itulah mengapa dari SD sampai kuliah saya lebih mudah mengingat jika berbentuk diagram, peta, ataupun flowchart. Untuk membaca, saya lebih suka membaca sendiri dengan cepat daripada dibacakan atau mendengar dari orang lain. Ketika menerima telepon di kantor, seringkali saya harus mencatatnya agar tidak lupa.

Setelah memahami type belajar yang memudahkan saya, maka saya akan memulai menentukan Learning Method saya sendiri. Pertama saya ingin mengikuti metode pembelajaran yang sudah diterapkan sebagian besar orang yaitu Metode ADDIE.


Diagram ADDIE Secara Umum


Berikut Detail Penjelasan Untuk Metode ADDIE versi saya :

a.       Analysis (analisa) : Menganalisis kebutuhan untuk menentukan masalah dan solusi yang tepat dan menentukan kompetensi pembelajar.
Kebutuhan saya adalah memahami ilmu parenting yang mengacu kepada akhlak dan tauhid serta ilmu tentang menjaga kesehatan .
Mengapa? Karena ilmu tersebut yang saat ini saya butuhkan untuk mengupgrade diri saya sebagai seorang Wanita, Ibu dan Istri sekaligus.
b.      Design (desain / perancangan) : Menentukan kompetensi khusus, metode, bahan ajar, dan pembelajaran.
Kompetensi Khusus : Ilmu Parenting & Kesehatan
Memperbaiki Diri Sendiri
Menjadi Ibu yang bahagia dan membahagiakan keluarga
Bermanfaat bagi orang lain
Metode : Otodidak, Mengikuti Kajian Mingguan dan Bulanan,  Mengikuti Seminar Online / Offline
Bahan Ajar :
1. Laptop & Smartphone
2. Buku & Alat Tulis
3. Materi di Kuliah online
4. Artikel pendukung di internet
c.       Development (pengembangan) : Memproduksi program dan bahan ajar yang akan digunakan dalam proses pembelajaran.
Disini saya berusaha melakukan program sesuai yang tertera di NHW2, seiring berjalannya waktu planning akan saya kembangkan lagi terutama jika sudah Istiqomah dijalankan. Untuk pengembangan bahan ajar, saya akan berusaha membuat kreatifitas sederhana yang bisa ditemukan di rumah untuk melatih skill anak.

d.      Implementation (implementasi/eksekusi) : Melaksanakan program pembelajaran dengan menerapkan desain atau spesifikasi program pembelajaran.
Nah yang paling penting dari Planning adalah “Action” atau “Implementation”. Alhamdulillah setelah 2 minggu berjalan pasca membuat list indikator kesuksesan, hampir 70% sudah mulai saya jalankan.

e.       Evaluation (evaluasi/ umpan balik) : Melakukan evaluasi program pembelajaran dan evaluasi hasil belajar.
Agar “Planning not just as planning” alias “Wacana forever” hehehe, saya berusaha untuk mengevaluasi pencapaian saya setiap minggu. Kenapa setiap minggu? karena waktu luang saya banyak di Weekend :), ingat target itu harus Achievable.

             Berangkat dari pemikiran diatas, saya berusaha membuat Design Pembelajaran Keluarga Bulan rev.01, saya sebutkan begitu untuk antisipasi jika seiring bertambahnya level di MIIP ini bisa jadi ada beberapa bagian yang harus saya rombak sesuai kebutuhan.



Nah yang lebih mudah lagi untuk saya memahami sebuah learning method, adalah dengan membuat Mind Mapping dari penggabungan ide yang saya buat diatas.
 Berikut Mind Mapping Metode Pembelajaran saya :






Sumber Referensi :
https://www.proprofs.com/quiz-school/story.php?title=mtywntezmqz871
https://elmafitria.wordpress.com/2016/11/17/merancang-desain-pembelajaran-diri-nhw5/
https://amaliarahmah.com/2017/02/25/learning-design-nhw-5-matrikulasi-iip-5/
http://shantybelajarmenulis.blogspot.com/2015/10/oleh-oleh-dari-kuliah-umum-septi-peni_10.html
https://catatanshinitchan.wordpress.com/tag/nhw5/
https://www.google.com/search?q=mindmap+ibu+berkarya&safe=strict&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwjUh5Cn35PdAhULMI8KHQZcBC4Q_AUICigB&biw=1517&bih=701&dpr=0.9#imgdii=KgV9PqmuIi_duM:&imgrc=AIrpiYjl-ImYbM:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Kongres Ibu Pembaharu 2

 Bismillahirrahmanirrahim, Alhamdulillah, masih sempat untuk submit tugas Kongres, mengingat jurnal sebelumnya belum submit, walaupun terlam...