Selasa, 26 November 2019

Mendidik anak cerdas financial sejak dini day5

Bismillahirrahmanirrahim,

Alhamdulillah, semakin hari si Kk dan bayi sudah mulai membaik. Jujur, kejadian ini membuat saya sadar bahwa ketika anak sakit pasti ada yang salah dengan pengasuhan saya dan suami. Mengingat yang sering bersama mereka adalah saya, berarti kemungkinan besar banyak lalai dan khilaf yang saya lakukan dalam menjaga amanah ini. Apalagi dengan dikejutkannya kabar duka meninggalnya anak dari teman2, baik teman kantor ataupun teman komunitas. Membuat saya berfikir lagi, masih banyak kesalahan yang saya lakukan pada anak-anak. Semoga saya dan suami bisa memperbaikinya tanpa menimbulkan bekas luka yang berarti bagi mereka di kemudian hari.

Nah, melatih kecerdasan finansial bagi saya bukan hanya perihal menabung ataupun mengajarkan konsep rezeki. Namun, salah satunya adalah mandiri dalam membelanjakan uang dan bijak menggunakannya.

Jadi ceritanya saat saya menemani si Kk di sekolah, saya melihat sendiri ternyata si Kk ini membeli banyak kue untuk dibagikan ke semua teman2 PAUD nya. Jadi gayanya semacam "bossy" banget gitulah😂😎. Setelah diusut, ternyata dulu si Kk ini pelit kalau diminta kue sama temennya, nah dinasehati sama Bu guru supaya berbagi. Eh...g taunya senang berbagi nya kebablasan 😂, bukan...bukan saya mengajarkan pelit lagi tapi memberikan sesuatu lebih baik pada yang membutuhkan. Karena saya liat ga semua anak suka dengan kue yang dibagikan si Kk loh. Bu gurunya sama ibu2 wali murid lainnya sampai ketawa geli liat tingkah si Kk ini😂.

B : Bunda
K : Kakak

B : Kak, kalau beli kue memang harus banyak ya nak?kenapa ga beli yang Kk suka aja?
K : Lah harus banyaklah, kan buat teman-teman sekolah Ufa ...
B : Begini syg, kalau teman ufa memang minta gpp ufa kasih, kalau teman ufa ga minta ya kuenya buat ufa aja...ga perlu beli banyak2.
K : kan harus berbagi Bun...
B : Iya sayang, tapi kan ga semua teman ufa suka kuenya, terus kalau kue ufa habis, ufa jadinya kepingin kue teman ufa yang lain deh...kan malu nak...
K : Kan gpp Bun (ngeyel)
B : Ehmmm gini nak, bunda suka Kk berbagi, tapi kalau teman ufa minta aja ya, lebih baik beli buat ufa aja...kan kasihan kalau uang ayah habis buat beli kue banyak tapi ga semua teman ufa suka.
K : Oh gitu ya bun, iya deh maaf ya Bun, besok ufa beli kue banyak tapi buat ufa aja..
B : Nah ingat, kalau teman ufa minta tetep dibagi ya nak?
K : Iya Bun....

Dan....walaupun  pada kenyataannya sesekali si Kk masih aja beli kue banyak untuk dibagi2 kalau moodnya lagi Heppy😂


#hari5
#gamelevel8
#tantangan10hari
#mendidikanakcerdasfinancial
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Kongres Ibu Pembaharu 2

 Bismillahirrahmanirrahim, Alhamdulillah, masih sempat untuk submit tugas Kongres, mengingat jurnal sebelumnya belum submit, walaupun terlam...