Jumat, 14 September 2018

TUGAS MATERI KULIAH NHW 7

NICE HOMEWORK #7

*TAHAPAN MENUJU BUNDA PRODUKTIF*

Bunda dan calon bunda yang masih semangat belajar sampai NHW #7. Selamat, anda sudah melampaui tahap demi tahap belajar kita dengan sabar.
Setelah kita berusaha mengetahui diri kita lewat NHW -NHW sebelumnya, kali ini kita akan belajar mengkonfirmasi apa yang sudah kita temukan selama ini dengan tools yang dibuat oleh para ahli di bidang pemetaan bakat. 

Ada banyak tools yang sudah diciptakan oleh para ahli tersebut, diantaranya dapat dilihat secara online di www.temubakat.com http://tesbakatindonesia.com/ www.tipskarir.com dan masih banyak lagi berbagai tes bakat online maupun offline yang bisa kita pelajari.

Salah satu tools yang bisa dicoba adalah www.temubakat.com yang kebetulan kita bisa mengkonfirmasi langsung ke penciptanya yaitu Abah Rama Royani, yang sering menjadi guru tamu di komunitas Ibu Profesional.

Apabila teman-teman lain memiliki tools tentang pemetaan bakat ini yang bisa dikonfirmasi ulang ke penciptanynya silakan dipakai, sehingga kita jadi lebih banyak paham tentang berbagai alat konfirmasi bakat kita.
Segera cocokkan hasil temu bakat tersebut dengan pengalaman yang sudah pernah teman-teman tulis di NHW#1 – NHW #6
Semua ini ditujukan agar kita bisa masuk di ranah produktif dengan BAHAGIA.
Bagi anda yang ingin memakai fasilitas Free di www.temubakat.com silakan ikuti panduan di bawah ini :
Masuk ke www.temubakat.com
Isi nama lengkap anda, dan isi nama organisasi : Ibu Profesional
Jawab Questioner yang ada disana, setelah itu download hasilnya 
Amati hasil dan konfirmasi ulang dengan apa yg anda rasakan selama ini
Lampirkan hasil ST30 (Strenght Typology) di Nice Homework #7
Bagi anda yang ingin menggunakan tools lain yang bisa dikonfirmasi ulang, silakan cantumkan hasilnya di NHW #7
Setelah mengkonfirmasi ulang bakat kita dengan tools yang ada, kami sarankan jangan percaya 100%. Silakan konfirmasi ulang hasil tersebut sekali lagi dengan mengisi pernyataan aktivitas apa yang anda SUKA dan BISA selama ini.
Buatlah kuadran aktivitas anda, boleh lebih dari 1 aktivitas di setiap kuadran
Kuadran 1 : Aktivitas yang anda SUKA dan anda BISA
Kuadran 2 : Aktivitas yang anda SUKA tetapi andaTIDAK BISA
Kuadran 3 : Aktivitas yang anda TIDAK SUKA tetapi anda BISA
Kuadran 4: Aktivitas yang anda TIDAK SUKA dan anda TIDAK BISA

Alhamdulillah...perlahan tetapi pasti sampailah saya ke next level yaitu tahapan Matrikulasi ke 7.
Disini saya lebih banyak merenung, sambil perjalanan berangkat ataupun pulang kantor berusaha menemukan  jawaban sebenarnya apa sih "Passion" dan "Kemampuan" saya?
Masih terngiang nasehat atasan saya tentang menemukan "Passion", yaitu dimana bertemunya Skill dengan kesempatan. Nah Materi Matrikulasi ke 7 ini dibahas lebih mendalam bukan hanya tentang "Menemukan Passion" namun tentang "Menjadi Produktif dengan Kelebihan yang kita miliki".

Kata-kata yang luar biasa dan terpatri di pikiran saya mengenai materi Bunda Produktif adalah bahwa di didalam pandangan IIP, Bunda Produktif tidak melulu diukur dengan Uang atau Materi. “ Karena REJEKI itu PASTI, KEMULIAAN lah yang harus DICARI". Kita tidak boleh "mentawakkalkan" rezeki pada pekerjaan kita, karena Allah berkuasa meletakkan sekendak-Nya. Maka segala yang bunda kerjakan di Bunda Produktif ini adalah sebuah ikhtiar, yang wajib dilakukan dengan sungguh-sungguh (Profesional).

Nah sesuai saran di NHW 7 ini, saya mengikuti Tes Bakat Online. Dan beginilah capture hasilnya :



Dari hasil diatas kekuatan saya ada di Commander , Educator, Mediator, Motivator, Server, Selector dan Strategist.
Saya baru sadar jika saya memiliki lebih dari 2 kekuatan. Secara garis besar saya memang suka sekali mengajarkan sesuatu dan memotivasi orang lain.
Berikut penjelasan singkat mengenai kekuatan saya :

1. Commander (Suka memberikan perintah & instruksi): Sebenarnya kekuatan terpendam saya ini muncul ketika saya menjadi seorang kakak dari 2 adik yang harus merasakan menjadi yatim-piatu di usia sekolah. Sehingga saya merasa bertanggungjawab untuk menggantikan kedua orang tua saya mendidik dan mengontrol kehidupan adik - adik saya. Di tempat kerja juga saya selalu memberikan beberapa instruksi untuk team saya, tak jarang kadang terbawa sampai rumah sering juga minta tolong ke suami 😆.

2. Educator (Pendidik) : Bisa dikatakan menjadi seorang Guru adalah cita-cita saya sejak di bangku SD. Namun keinginan tersebut kandas ketika menghadapi kenyataan bahwa saya harus mencari jurusan kuliah yang menjanjikan untuk segera bekerja. Akhirnya saya memilih jurusan Informatika, yang saat itu sedang "Laris" dicari oleh perusahaan - perusahaan besar. Dan, ternyata jiwa educator saya masih melekat sampai di semester 5 kuliah saya menjadi Admin dan Guru Bimbel level SD-SMP. Saya juga berusaha meluangkan waktu untuk mengajar adik-adik saya  ketika akan menghadap ujian masuk SMP atau UAN.

3. Mediator (Penengah) : Hmmmm...di tempat kerja saya memang dikenal sebagai "Tempat Curhat" dan seringkali menjadi "Penengah" antar rekan kerja dan atasan jika mengalami kesalahpahaman. Sebagai sahabat saya juga sering dipercaya sebagai teman curhat, bahkan hal yang bersifat sangat rahasia serta pribadi sekalipun. Saya berusaha untuk membantu mencari solusi terutama jika berkaitan dengan konflik antar teman atau keluarga.

4. Server (Pengamat) : Nah untuk yang satu ini, saya memang seringkali diam-diam memperhatikan orang lain, dalam artian bukan jatuh cinta ya he3 tapi memperhatikan sifat dan cara kerjanya. Karena bagi pekerja kantor, kita harus tau berhadapan dengan orang yang sifatnya seperti apa. Agar ketika membahas masalah, tidak fokus untuk saling menyalahkan namun fokus mencari solusi.

5. Selector (Pemilih) : Kebetulan di bagian tempat saya bekerja, saya berhak untuk mendistribusikan karyawan baru ke masing-masing section. Seringkali, ada beberapa permintaan dari Supervisor Section lain terkait kriteria karyawan yang dibutuhkan.

6. Strategist (Penyiasat) : Sepertinya kekuatan ini muncul ketika dalam kondisi terpaksa he3, pekerjaan saya yang sekarang juga mencakup tentang menyiasati Budget dan kebutuhan Man Power. Sehingga disini saya belajar banyak dari pengalaman dan jam terbang.


Nah sekarang tentang 5 kelemahan saya :

1. Creator (Menemukan / Membuat Sesuatu yang Baru) : Sebenarnya saya bukan tidak bisa dalam hal menciptakan hal yang baru. Namun seringkali lebih tepatnya saya suka "Memodifikasi". Contohnya memodifikasi resep masakan, atau bagaimana agar makanan tidak sampai terbuang saya olah kembali agar rasanya lebih menarik dan lezat.

2. Marketer (Menjual / Mempromosikan Suatu Produk) : Saya pernah berjualan secara offline dan online, dan tergolong cukup sukses dan laris namun itu jika dalam kondisi "terpaksa". Jika dalam pangsa besar, sepertinya saya belum mampu untuk mengelolanya dengan baik.

3. Operator (Mengoperasikan sesuatu) : Hal ini bertolak belakang dengan sifat saya yang suka memberikan instruksi, bekerja sebagai operator menurut saya hal yang cukup membosankan karena harus melakukan sesuatu yang konstan.

4. Producer ( Memasang, Memproduksi Sesuatu) : Seperti halnya Creator, saya tidak pandai dalam "menghasilkan" sesuatu. Namun lagi-lagi jika kondisi terpaksa baru saya bisa.

5. Treasury (Menata Keuangan dengan Catatan yang Rapih) : Nah, ini lucu menurut saya, saya memang bisa mengelola planning budget di perusahaan hingga puluhan Milyar. Namun untuk membuat keuangan sederhana di rumah saya malas-malasan. Ini nih...ini berarti saya  belum sampai pada tahap "Panggilan Hati", namun masih "Asal Kerja". Sering juga saat saya sekolah menempati posisi sebagai bendahara, dan membuat kepala saya nyut2an he3. Kelemahan saya yang satu ini ingin saya perbaiki perlahan, karena masuk ke Kuadran 3 (Bisa - Tidak Suka).

Setelah saya menerima dengan sepenuh hati dan jiwa raga kekuatan dan kelemahan saya diatas. Jujur, saya tidak boleh seratus persen percaya. Karena bisa jadi seiring jam terbang dan ke-istiqomahan dalam menemukan jati diri , hasil diatas bisa berubah. Namun satu hal yang saya yakin akan terus melekat di diri saya adalah Kekuatan saya sebagai seorang "Pendidik". Ini yang akan terus saya tingkatkan, terutama akan saya tularkan minimal kepada anak saya dengan menambah banyak jam terbang di jadwal dinamis saya.

Nah untuk mempermudah saya memetakan kegiatan yang harus saya tingkatkan jam terbangnya , adalah dengan membaginya menjadi 4 kuadran :



Akan saya bahas sedikit :

a.  Kuadran 1  : Kegiatan yang saya Bold, yaitu Memasak, Bermain dan Belajar bersama anak, dan memotivasi akan saya tingkatkan jam terbangnya.

b. Kuadran 2 : Permisi, saya ingin menertawakan diri saya😆. Kuadran 2 ini menurut saya obsesi yang tertunda...eaa , namun belum bisa saya wujudkan untuk saat ini he3.

c. Kuadran 3 : Saya ingin memperbaiki mindset saya tentang mengelola keuangan. Karena menurut saya, mengelola keuangan cukup penting diterapkan di keluarga.

d. Kuadran 4 : Ini lebih parah lagi. Seberapapun kuat saya berusaha sepertinya hampir mustahil jika saya bisa menjalankannya. Lagipula, jika saya paksakan maka saya hanya akan meratakan lembah, tidak meninggikan gunung.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Kongres Ibu Pembaharu 2

 Bismillahirrahmanirrahim, Alhamdulillah, masih sempat untuk submit tugas Kongres, mengingat jurnal sebelumnya belum submit, walaupun terlam...